Home > Tokoh Dongeng > Pinokio

Pinokio

Adik-adik, cerita Pinokio awalnya ditulis secara berseri untuk mingguanpinokio anak Il Giornale dei Bambini. Judul aslinya Storia di un burattino, di negeri Italia sana. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah “ Kisah sebuah Boneka”. Cerita Pinokio sendiri dalam bahasa Tuscany berarti “pine nut”. Buku pertama Pinokio diterbitkan tahun 1883 di Italia, Dalam tahun itu juga konon bukunya laku terjual 1 juta eksemplar. Sedangkan ilustrasi aslinya dibuat oleh Attilio Mussino. Ilustrasi pada buku edisi pertama ini dianggap orang sebagai buku anak dengan ilustrasi terbaik.

Sampai kini, cerita Pinokio telah diterjemahkan & dicetak ke dalam lebih dari 90 bahasa (konon terbanyak ketiga setelah cetakan Al Quran dan Injil). Cerita tentang Pinokio juga telah dijadikan film sebanyak 11 film berbahasa Inggris, belum termasuk bahasa aslinya, Italia dan berbagai bahasa lainnya. Tapi film Versi Walt Disney-lah yang dirilis tahun 1940 yang paling terkenal. Mungkin adik-adik pernah menonton salah satu versi filmnya yang kerap diputar di televisi..

Pinokio bercerita tentang kisah seorang tukang kayu yang menemukan sepotong kayu yang bisa berbicara, bergerak dan bahkan berkelahi dengannya sewaktu si tukang kayu hendak menjadikannya kaki meja. Tukang kayu kemudian memberikan kayu itu kepada Geppetto untuk dibuat boneka yang lalu diberinya nama Pinokio.

Boneka Pinokio terkenal dengan sifat tidak terpujinya, seperti; pemalas, ingkar janji pada Geppeto, sering melarikan diri, menjulurkan lidah dan menertawakan Geppeto. Meski begitu, Geppeto sangat sayang pada Pinokio. Boneka Pinokio juga juga terkenal dengan kenaifan dan kebodohannya, hingga dengan gampang diperdaya oleh si Rubah jahat dan kucing. Sempat Pinokio digantung di pohon. Untung ada Peri Berambut Biru yang selalu menolongnya.

Akhirnya Boneka Pinokio yang dasarnya adalah anak yang baik dan juga menyayangi Geppetto, harus berjuang keras menyelamatkan hidup Geppetto yang terperangkap dalam perut ikan paus, lalu menyembuhkannya. Akhirnya boneka kayu Pinokio pun berubah menjadi manusia sejati karena amal perbuatannya itu.

(Juni 2009, dari berbagai sumber)

About these ads
Categories: Tokoh Dongeng
  1. May 16, 2011 at 3:40 am

    aku ingin tau cerita princess ariel

  2. adinda
    September 17, 2011 at 2:14 pm

    vbb

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: